Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

logo

PENGADILAN NEGERI LUWUK

Jln. Jend. Ahmad Yani No.06 Luwuk   (0461)21062  (0461)23269   pnluwukbanggai@yahoo.co.id

TUTUP PELATIHAN, KETUA MA INGATKAN HAKIM UNTUK PEKA TERHADAP SITUASI DAN KONDISI MASYARAKAT

TUTUP PELATIHAN, KETUA MA INGATKAN HAKIM UNTUK PEKA TERHADAP SITUASI DAN KONDISI MASYARAKAT

TUTUP PELATIHAN, KETUA MA INGATKAN HAKIM UNTUK PEKA TERHADAP SITUASI DAN KONDISI MASYARAKAT

Bogor-Humas: Sebanyak 107 hakim karir dan hakim ad hoc dari peradilan umum seluruh Indonesia telah mengikuti pelatihan Sertifikasi Hakim Tindak Pidana Korupsi Angkatan XXIII selama kurang lebih satu bulan.  Hari ini, Kamis, 2 Desember 2021 Ketua Mahkamah Agung menutup acara tersebut secara resmi.

Dalam sambutan penutupnya, Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., berharap seluruh peserta dapat mengamalkan semua ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama masa pelatihan ini dalam penanganan perkara yang sesungguhnya.

Ia menambahkan bahwa lebih baik bercucuran keringat di medan latihan, daripada bercucuran darah di medan perang. Karena menurutnya, pelatihan ini hanya sebagai medan latihan, karena medan perang yang sesungguhnya adalah nanti ketika para peserta menangani perkara tipikor yang sesungguhnya.

“Lebih  baik  merasa lelah ketika belajar dan melatih diri, daripada nanti karena ketidaktahuan kita, mengakibatkan malapetaka dan kerusakan bagi orang lain yang kita adili,” jelas mantan Kepala Badan Pengawasan itu.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Syarifuddin juga mengingatkan bahwa seorang hakim, selain harus memiliki kompetensi dan integritas   yang   tinggi, juga   dituntut   untuk   peka terhadap situasi dan kondisi masyarakat yang ada disekitarnya, bukan berarti harus mengikuti semua keinginan masyarakat, namun sedapat mungkin sikap yang diambil tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/9688

Ia berpesan kepada para peserta bahwa ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama menjalani masa pelatihan ini akan menjadi bekal bagi para peserta dalam menyelesaikan setiap persoalan yang timbul ketika menangani suatu perkara.

“Saya mengingatkan kepada saudara, agar tidak cepat berpuas diri  dengan  apa  yang  diperoleh  saat  ini. Jangan  berhenti  belajar  dan  mengasah  kemampuan serta keterampilan yang dimiliki, karena ilmu pengetahuan selalu berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Selain itu, setiap perkara yang ditangani juga selalu memiliki karakteristik hukum yang beraneka ragam, sehingga para hakim harus selalu bersikap terbuka atas setiap pengetahuan- pengetahuan yang baru,” ujar Ketua Mahkamah Agung.

Sebelum menutup sambutannya, mantan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial tersebut menyampaikan sebuah pesan kepada seluruh peserta dan undangan yang hadir, yaitu “keadilan seringkali tidak dapat disandingkan untuk kedua belah pihak yang berperkara. Oleh karena itu, putuskanlah setiap perkara secara adil, dengan cara yang paling bijaksana”.

Acara penutupan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial, Ketua Kamar Pembinaan, Ketua Kamar Perdata, Ketua Kamar Pidana, Ketua Kamar Pidana, Ketua Kamar Militer, Ketua Kamar Tata Usaha Negara, Kepala Badan Diklat Mahkamah Agung dan yang lainnya. (azh/RS)







  • Berita Badilum

    • Surveilans Akreditasi Penjaminan Mutu Pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

      pada Tanggal 10-11 Agustus 2022 Telah Dilaksanakan Kegiatan Surveilans Akreditasi Penjaminan Mutu (apm) Pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Tim Asesor Dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Dipimpin Oleh Kepala Bagian Organisasi Dan Tata Laksana, Roslina Napitupulu, S.h., M.h. Dengan Anggota Dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Serta Hakim Tinggi Dari Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, Yaitu Sirande Palayukan, S.h., M.h. Dan ...
    • Kegiatan Uji Kelayakan Dan Kepatutan Bagi Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Kelas Ia Khusus Dan Kelas Ia Tahun 2022

      pada Hari Selasa-rabu, Tanggal 9-10 Agustus 2022, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Mengadakan Kegiatan Uji Kelayakan Dan Kepatutan Bagi Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Kelas Ia Khusus Dan Kelas Ia Tahun 2022. Kegiatan Ini Diadakan Secara Daring (online) Dengan Para Peserta Mengikuti Ujian Dari Satuan Tugas Masing-masing.para Penguji Berasal Dari Pimpinan Mahkamah Agung Ri. Sebanyak 27 (dua Puluh ...
    • Kegiatan Uji Kelayakan Dan Kepatutan Bagi Calon Pimpinan Pengadilan Tinggi Tahun 2022

      pada Hari Senin, 8 Agustus 2022, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Telah Mengadakan Kegiatan Uji Kelayakan Dan Kepatutan Bagi Calon Pimpinan Pengadilan Tinggi Tahun 2022. Kegiatan Untuk Tahun Anggaran 2022 Ini Diselenggarakan Di Gedung Mahkamah Agung Republik Indonesia. Jl. Medan Merdeka Utara No. 9-13. Jakarta Pusat.para Penguji Berasal Dari Para Pimpinan Mahkamah Agung Ri. Sebanyak 15 (lima ...

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Typography1. Prosedur pelayanan informasi di Pengadilan terdiri dari:
Prosedur Biasa; dan
Prosedur Khusus.
2.Prosedur Biasa digunakan dalam hal:
Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik;

Lebih Lanjut

Bagaimana memperoleh Softcopy Petikan Putusan?

TypographySilakan menggunakan Direktori Putusan untuk memperoleh softcopy petikan putusan pada link berikut:

Direktori Putusan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsPada tanggal 9 Januari 2014 Mahkamah Agung RI telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan

Lebih Lanjut

Skip to content